Minggu, 18 September 2016

4 Manfaat dari Bermain Game

Bermain game yang teratur namun tidak berlebih dapat melatih imajinasi. Imajinasi yang dimaksud adalah bagaimana setiap pemain dapat melihat sesuatu yang mungkin tidak dilihat orang lain. Bukan dalam hal gaib, namun dalam hal kreatifitas. Selain melatih imajinasi, pemain dapat mendapatkan pengetahuan baru, yaitu pengetahuan bahasa asing. Banyak game yang didalamnya menggunakan Bahasa Inggris, jepang, dan Bahasa asing yang lain. Dari cerita, diskripsi barang, dll membuat pemain sedikit demi sedikit mempelajari dan memahami Bahasa tersebut.

Selain itu pemain juga dapat melatih kemampuan reflek. Kemampuan reflek ini didapat karena di dalam sebuah permainan banyak disajikannya tantangan yang tidak diduga, sehingga rekleks pemain dapat meningkat.
Bermain game juga dapat membuat fungsi kognitif meningkat. Fungsi kognitif adalah fungsi otak dimana otak memiliki kemampuan lebih antara lain menyusun strategi dan pengendalian emosi yang baik.

Dikarenakan banyak kegiatan di dalam game seperti memperhatikan, mengigat, komunikasi, bergerak, memutuskan keputusan. Maka pemain diprediksi tidak akan bosan memainkan permainan. Namun, ada juga game yang bisa membuat pemain bosan, seperti game yang terlalu susah untuk dimainkan ataupun game yang terlalu mudah untuk dimainkan. Selain itu kegiatan di dalam game seperti menyerang dan bertahan dapat membuat emosi seseorang terkadang cepat berubah, bahkan perasaan senang ,kacau, marah, semangat pun dapat bercampuk aduk ketika memainkan sebuah game.

Selain itu game juga dapat meningkatkan kerjasama di dalam tim dan menjadikan pemain memiliki kemampuan problem solving (penyelesaian masalah) bahkan akan lebih cepat lebih dari orang yang tidak bermain game.

Selain keuntungan bermain game, game juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai media pembelajaran. Game yang biasanya termasuk golongan media pembelajaran biasanya digunakan untuk anak-anak dan biasanya berupa game simulasi ataupun berhitung, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar